Menghapus Ekstensi Sistem yang Error di Ubuntu

Kadang kita agak tidak suka melihat ekstensi-ekstensi di Ubuntu yang tidak bisa jalan. Jika ekstensi itu berlokasi di user maka cukup mudah untuk menghapusnya dengan bantuan tweak atau tool lain yang biasa dipakai untuk manajemen ekstensi.

Namun akan jadi agak ribet jika ekstensi yang error itu berada pada sistem, sehingga tidak dapat dihapus melalui tweak atau tool lainnya. Maka cara yang paling mudah adalah langsung menghapus secara manual direktori dari ekstensi yang error tersebut melalui terminal dengan command line.

Yang pertama harus diketahui adalah letak ekstensi sistem tersebut berada. Untuk ekstensi sistem ubuntu biasanya terletak pada direktori /usr/share/gnome-shell/extensions. Oleh karena kita bisa langsung buka terminal dan menuju direktori yang dimaksud :

Bisa dilihat bahwa pada direktori tersebut terdapat semua ekstensi yang terpasang di sistem. Untuk menghapus ekstensi yang diinginkan, maka dapat diberikan perintah hapus direktori seperti berikut :

sudo rm -rf nama_ekstensi@email_pembuat

Contoh misalnya kita akan menghapus ekstensi bernama system monitor, maka perintahnya seperti berikut :

Agar sistem membaca hasil penghapusan ekstensi tadi, maka restart ekstensi dengan menekan tombol Alt+F2, kemudian tekan tombol r, kemudian enter. Untuk mengecek apakah ekstensi yang dihapus benar-benar sudah hilang, maka bisa dibuka tool manajemen ekstensi atau tweak, maka ekstensi yang dimaksud insyaaAlloh sudah tidak ada.

Demikian tips dan trik singkat, semoga bermanfaat.

Arif Kurniawan

Ayah, Guru dan Pemanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.