Google Colab : Membaca File dari Google Drive

Google Collaboratory atau Google Colab merupakan tools yang berbasis cloud dan free untuk tujuan penelitian. Google colab dibuat dengan environment jupyter dan mendukung hampir semua library yang dibutuhkan dalam lingkungan pengembangan Artificial Intelegence (AI).

Pada dasarnya google colab sama dengan Jupyter Notebook dan bisa dikatakan google colab adalah jupyter notebook yang dijalankan secara online dan gratis.

Nah, untuk keperluan pengembangan AI atau mungkin deeplearning, seringnya dibutuhkan pembacaan data. Karena Colab ini berada pada lingkungan Google, maka alangkah lebih efektif jika file yang akan diolah tersimpan dalam Google Drive. Nah, berikut ini teknik membaca file dari Google Drive pada Google Colab, tentunya dengan bahasa python.

Misalkan file yang akan dibaca berada dalam sebuah drive berikut ini:

Misal file bernama colors.txt berada dalam folder Colab Notebooks pada My Drive (Drive Saya).

Setelah membuat Notebook baru di Google Colab, buat kode program berikut ini :

Jika dijalankan akan menampilkan link yang akan mengarahkan ke halaman lain untuk mendapatkan kode authentikasi. Jadi link yang dihasilkan itu harus dibuka. Setelah dibuka dan login ke akun Google serta mengijinkan restriknya, maka akan dihasilkan kode autentikasi, misalnya seperti berikut :

Copy kode tersebut, kemudian masukkan pada field yang ada di hasil running kode sebelumnya.

Enter, dan jika kodenya benar, maka akan menghasilkan keterangan bahwa drive telah ter-mount.

Nah drive Google telah ter-mount, maka sekarang akan kita membaca file yang tadi sudah ditentukan di awal. pastikan lagi posisi file di folder mana, karena ini sangat penting agar path dituliskan dengan benar :

Dengan posisi file seperti di atas, maka pembacaan file dapat dilakukan seperti berikut, misalnya :

Jadi path diawali dari ‘drive’ dan dilanjutkan dengan direktori di dalamnya, sampai dengan nama filenya. Jika dijalankan maka isi file akan dicetak.

Demikian, teknik pembacaaan file di Google Colab, dimana file berlokasi di Google Drive yang kita miliki. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.