Analisis & Desain Berorientasi Obyek

Analisis dan Desain

Dalam hal ini, Analisis berfokus fokus pada penyelidikan masalah dan persyaratan dari pada mencari solusi. Misalnya, dalam hal sistem belanja online, bagaimana sistem akan digunakan? Maka “Analisis” membahas tentang bagaimana mendapatkan berkualitas terbaik, seperti yang diinginkan dalam analisis persyaratan (penyelidikan persyaratan) atau analisis objek (penyelidikan objek apa saja yang dibutuhkan).

Desain lebih berfokus pada konsep solusi yang memenuhi persyaratan dari pada implementasinya. Seperti halnya analisis, hal yang paling penting adalah desain objek atau desain database.

Analisis dan desain sebaiknya diringkas dengan prinsip melakukan sesuatu yang benar (analisis), dan melakukan sesuatu dengan benar (desain).

Analisis dan Desain Berorientasi Obyek

Dalam analisis berorientasi objek, fokusnya adalah pada menemukan dan menggambarkan objek atau konsep dalam domain sebuah masalah. Misalnya, dalam kasus sistem manajemen perpustakaan, beberapa konsep yang harus ada misalnya Buku, Perpustakaan dan Pustakawan.

Dalam desain berorientasi objek, fokusnya adalah pada mendefinisikan objek perangkat lunak dan bagaimana objek-objek tersebut berkolaborasi untuk memenuhi persyaratan tertentu. Misalnya, dalam sistem perpustakaan, objek Buku mungkin memiliki atribut judul dan method (function) getTitle / getJudul.

Akhirnya, dalam Implementasi atau pemrograman berorientasi objek, objek desain diimplementasikan sebagai class-class seperti misalnya dapat dilihat pada contoh di bawah ini, dimana class Buku diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Java.

Sumber : https://www.startertutorials.com/uml/

Arif Kurniawan

Ayah, Guru dan Pemanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.